Rabu, 28 Agustus 2013

sudahin saja , itu menurut gue ~

Hari ini gue bakalan nge'pos tulisan teman gue yang keren banget pasti nya dan gue yakin banget kalau tulisan ini bakalan bermanfaat bagi loe semua.
Tentu nya sebelum gue nge'pos, gue udah izin donk pasti nya ama penulis asli nya, kalo gue kagak izin itu plagiarism nama nya, dan bakalan dosa karena uda nyontek karya orang lain tanpa izin.
Dan kata penulis nya, gue boleh nge'pos karya nya di blog gue..
Supaya bisa gue share bagi sahabat lover semua...

Nihh judu nya,, Let's go on...

sudahin saja , itu menurut gue ~

24 August 2013 at 08:26


"Kita jalani dulu aja ya.. Yang penting kita masih bisa bersama.. Tapi kita kudu siap membunuh perasaan kita.. Kelak kalo masing-masing sudah menemukan pasangan yang keyakinannya sama". 

Itu kalimat yang biasanya jadi motivasi para pasangan beda agama untuk tetap bersama. Tanpa perlu mikir panjang, udah keliatan mereka berdua bakal bunuh-bunuhan. Iya, yang dibunuh adalah perasaan. Hihihi.. Tapi tetap juga ada yang nekat menjalani hubungan beda keyakinan sampe ke pelaminan. Cuma, untuk sebagian agama, itu dilarang untuk dilakukan. 

Oke, gak perlu basa-basi lagi. Gue hari ini mau bahas tentang tipe-tipe pacaran yang bakal susah untuk diperjuangkan. Kayaknya semua hubungan pacaran, tetap butuh perjuangan sih. Tapi untuk beberapa tipe yang bakal gue bahas di bawah, memerlukan perjuangan ekstra. So, buat yang mungkin ngalamin hubungan serupa, siap-siap aja ya~ Kalo kalian ngerasa gak siap, mending jangan dibaca. MarKiDot! 

1. Pacaran Beda Keyakinan 

??? 

Seperti yang udah gue bilang di pembuka postingan ini. Sebagian pelaku pacaran beda keyakinan mungkin lebih condong mengejar kesenangan. Senang untuk bisa bersama dan sayang-sayangan, senang untuk saling mencinta dan mesra-mesraan. Seolah-olah mereka nggak sadar apa yang udah menanti di depan. 

Menurut gue, pacaran beda keyakinan itu analoginya kayak elo nanem bibit kacang di tanah. Terus, di atas bibit yang tumbuh itu elo tutupin sama tabung kaca. Dengan harapan, bibit kacang yang mulai tumbuh itu tadi nggak bisa membesar dan menjalar ke mana-mana. Tapi kalo misal kalian bener-bener praktekin eksperimen di atas, sudah pasti makin lama kalian biarin bibit kacang itu tumbuh dan mulai membesar, gelas kaca itu pasti akan mulai retak dan pecah. 

Itu baru soal bibit kacang. Bayangin kalo ini soal hati. Emang semudah itu mengendalikan perasaan yang tumbuh di hati? Menjalar dan mengalir di setiap urat nadi. Merambah otak dan menghilangkan kesadaran diri? 

Kayaknya bullshit banget kalo ada orang yang mau ngejalanin pacaran serius, terus sudah merencanakan juga kapan mereka akan berpisah. Karena sesakit-sakitnya ditinggalin, diputusin, dikhianatin, bakal lebih sakit lagi kalo terpaksa berpisah, membunuh perasaan yang masih sama-sama menggebu, karena perbedaan keyakinan yang nggak mungkin bisa menyatu. 

Mengutip dialog di film nih. Jadi ceritanya ada dua orang yang berpacaran beda keyakinan. Salah satu di antara mereka meminta kekasihnya untuk ikut masuk ke dalam keyakinannya, terus pasangannya itu ngejawab,� 

Lebih baik jadi fakir asmara, daripada jadi kafir cinta.. Ya.. Orang-orang yang tak percaya cinta itu mampu mengatasi segala hambatan yang ada. 
Terus, contoh lainnya misal elo menjalani hubungan beda agama, mungkin bisa aja bilang ke pasangan: 

"Yuk.. masuk ke agamaku.. Biar kita bisa menyatu sampe punya anak cucu.." 

Terus, gimana kalo si dia ngejawab: 

"Sekarang gimana kalo aku balik pertanyaan kamu. Maukah kamu pindah ke agamaku.. biar kita bisa menyatu sampe punya anak cucu?" 

Urusan keyakinan tentunya nggak semudah pindah sekolah atau pindahan rumah. Karena itu hubungannya ke kehidupan setelah mati. Pertaruhan keyakinan yang akan dibawa sebagai bekal saat udah nggak hidup lagi. Maukah kamu mengkhianati Tuhanmu yang sudah memberikan kehidupan, rezeki, kenikmatan, dan segalanya untukmu. Demi kenikmatan-kenikmatan kecil yang sudah diberikan pasanganmu? 

Belom lagi kalo misal dia mau berpindah keyakinan sehingga kalian bisa nikah. Udah yakin dia mau berpindah keyakinan karena panggilan hatinya, atau dia mau berpindah keyakinan cuma karena biar bisa nikah aja? 

2. Pacaran Beda Suku/Ras/Budaya 

??? 

Pacaran beda suku, mungkin saat ini udah biasa terjadi. Sudah banyak banget pasangan-pasangan beda suku di luar sana sudah jadi suami-istri. Tapi ada juga loh, yang menjalani Pacaran beda suku tanpa restu. Biasanya ini terjadi karena pihak orang tua yang masih "kaku". 

Temen gue juga ada, yang pacaran udah seiman padahal.. Tapi cuma karena mereka beda ras/suku, orang tua mereka nggak kunjung ngasih restu. Yah, endingnya tragis juga.. Mereka harus membunuh perasaan cinta mereka berdua, karena ego orang tua dan budaya. Mungkin lebih tragis dari pacaran beda agama. Beda agama, kalo dapet panggilan hati mungkin bisa pindah keyakinan. Lha kalo beda suku/ras? Skak mat! 

3. LDR 

??? 

Kayak lagunya Marcell Siahaan, "Cinta memang satu.. Kota yang tak sama~~" - Perih LDR. 

LDR adalah hubungan jarak jauh yang dilakukan oleh para gerilyawan-gerilyawan asmara. Pacaran jarak jauh itu bukan pacaran yang biasa. Di mana segala sentuhan, perhatian, kerinduan, cuma bisa disalurkan dengan kata-kata, . Sebuah pacaran yang mengkesampingkan panca indera, karena yang terpakai cuma indera penglihatan dan pendengaran doang. 

pelajaran yang paling berharga yang dapetin sih, belajar untuk tulus dan percaya. Jarak itu seperti kaca pembesar. Kangen kita ke pacar berasa lebih besar karena susah buat ketemu demi ngilangin efek kangen itu. Perasaan cemburu juga terasa lebih menusuk. Setiap tau pacar lagi jalan sama orang, pastinya rasa cemburu makin menggebu-gebu karena kita nggak tau apa yang mereka lakuin saat jauh-jauhan gitu. Kalo lagi berantem juga gitu, masalah kecil berasa gede juga, karena nggak kunjung diselesaikan dengan bicara empat mata. Bicara empat mata ini sangat penting. Mengingat mata itu nggak pernah bisa bohong. Apapun perkataan pacar, kalo tidak didukung dengan tatapan mantap dari matanya, kita bisa dengan sangat 
mudah mengetahui kebohongannya. 

Dengan belajar mencintai secara tulus dan selalu percaya (bahwa Tuhan mendukung niat baik gue), gue bisa tenang dan ngebiarin (mantan) pacar gue menikmati hidupnya tanpa perlu gue recokin tiap hari dengan pertanyaan-pertanyaan semacam interogasi. Dan dengan percaya bahwa Tuhan mau meminjamkan "mata"NYA, gue pun akhirnya tau dia sudah mendua. Ya.. Selama kita percaya, Tuhan itu selalu punya cara yang di luar nalar untuk menunjukan kuasa-NYA. 

Nah, kenapa LDR butuh perjuangan lebih? 

Jawabannya jelas banget. Cinta nggak melulu soal kata. Cinta juga sangat membutuhkan pertemuan, perhatian, sentuhan, dan menciptakan kebahagiaan. Kebahagiaan yang nyata.. nggak cuma senyum, yang diwakilkan oleh emoticon saja. Jadi, sudah jelas orang yang menjalani LDR harus berjuang banget untuk nggak sirik sama temen-temennya yang lagi pacaran secara "normal" di lingkungannya. Dan pasangannya juga harus berjuang keras agar pacarnya nggak pernah ngerasa kesepian dan sendirian. 

Tapi buat gue, yang paling diperluin dalam LDR sih komunikasi. Karena pacaran jarak dekat pun nggak bakal harmonis kalo jarang berkomunikasi dengan pasangan. Contohnya, kamu lagi ada masalah ama pacar, bukannya ngomong baik-baik ke pacar, tapi malah curhat ke orang. Padahal belom tentu orang yang jadi tempat curhat itu bisa ngasih solusi yang bijak buat kamu, nah kalo niatnya malah pengen ngerebut hati kamu? Saat LDR, dan komunikasi terhambat, biasanya ada pihak yang akan masuk dan mencoba menggantikan kenyamanan maya yang diberikan pasangan kita, dengan memberikan kenyamanan nyata dan akhirnya pasangan kita pun melupakan apa arti setia. 

Siap-siap aja.. 

4. Pacaran sesama jenis 

Inih nih yang gak bisa dikira kira bakal kayak gimana ? Bayangin ajah deh misal tuh hubungan sampe nikah , mereka sampe kapanpun juga gak punya anak . . 
Bukanya menikah itu untuk meneruskan keturunan ? ... Sempet dibikin bingungg dengan pasangan yang seperti ini , gimana mereka bisa suka sesama jenis . Dan finally gue nemuin beberapa fakta ya gak jauh jauh juga disekeliling kita . . Fakta yang ke : 
1 . Biasanya pasangan ini pernah pacaran dengan lawan jenisnya kemudian mereka terlalu disakiti dan akhirnya memilih untuk berganti pasangan sesama jenis 
2 . Bisa ajah faktor2 keluarga , misal broken home . . Ya broken home menurut gue banyak banget yang disebabin oleh masalah yang satu ini , banyak orang tua menganggap masalah ini tidak berdampak dengan mental anak tapi itu salah besar , dari hal ini anak bisa menjadi suka sesama jenis . Karena , si anak sudah ngeliat gimana orang tua mereka bertengkar , cekcok dan sampe lempar lemparan piring . Dan si anak beranggapan bahwa kalo laki laki dan perempuan tidak cocok untuk menjadi pasangan dan si anak memilih lebih suka sesama jenis 
3 . Faktor yang ini terjadi karena lingkungan yang ada pada diri seseorang yang ngalamin masalah ini , biasanya lingkungan yang bnyk menyukai sesama jenis bakalan mengajak yang gak suka sesama jenis bisa jadi suka sesama jenis karena bujuk rayuan orang yang suka sesama jenis . 

ni lebih ke masalah kultur dan budaya ketimuran kita sih. Karena di luar negeri sana udah banyak juga pasangan sejenis dan menikah. Di Indonesia, kebebasan memilih pasangan ini masih jadi semacam kontroversi. Banyak pasangan sesama jenis yang suka dicemooh dari berbagai sisi. Tapi ada juga yang tetap teguh menjalani hubungan semacam ini, dengan menutup telinga kanan dan kiri. 

Mungkin sebagian orang, menganggap orang yang menjalani hubungan semacam ini adalah orang-orang gila. Tapi buat mereka yang menjalani,� mungkin mereka merasa justru mereka lah yang percaya kekuatan cinta itu nyata. Bukankah urusan cinta emang nggak bisa dipadukan dengan logika? Saat cinta sudah bicara, kasta, rupa, bahkan kelamin pun jadi hal yang fana.. 


Menurut gue , hubungan ini bakalan percuma . . Di agama emang boleh nikah sesama jenis ? DILARANG . Dan hukumnya HARAM dan DOSA . Oke fine , di london dan negara lain mungkin udah ada pernikahan sesama jenis , tapi mereka beda kultur agama dan segala aspek lainya . Mengatas namakan Cinta gak bakalan jaminan buat nerusin hubungan yang ngebikin dosa ini . . Coba deh kaji ulang tentang agama dan belajar lah dari situ gue yakin kok bakalan ada jalan buat pasangan seperti ini . 

5 . Pacaran gak direstuin orang tua dan keluarga 

Ini yang sering gue temuin dilapangan biasanya orang yang nekad buat nikah tanpa restu orang tua pernikahanya gak bahagia justru sering kali mengalamii percerain . Gue percaya yah bahwa restu orang tua itu penting apalagi ridho orang tua ridho allah . . Mengatas namakan CINTA gak seharusnya kita nge bantah orang tua cuma demi seseorang yang diperjuangkan itu ! Dan belum tentu orang yang kita perjuangin memperjuangin kita juga . . Kebayang gak sih orang tua justru lebih banyak berkorban demi kita ANAKNYA . Dari kita kecil sampe kita segede gini , itu butuh perjuangan dan itu sangat berarti buat gue . Orang tua gak bakalan ngelarang kalo menurut orang tua calon pendamping kita baik , feelling orang tua jauh lebih peka dan sensitif banget . Dulu waktu lo bayi nangisss tengah malam siapa yang ngurus ? Orang tua kan , di bela belain bangun demi anaknya di bela belain nahan cape demi kita ... Masih banyak perjuangan orang tua yang msih belum gue bahas, mngkin kalo pun dibahas ini tulisan gak ada bakal ujungnya saking banyak nya pengorbanan orang tua demi kita . Gue baru sadar kalo bokap gue sayang. banget sma gue , dan gue baru sadar gimana bokap gue berjuang demi keluarga demi selembar rupiah yang ia kumpulkan demi nyokap gue dan adek adek gue , gue baru sadar pas gue nyusulin bokap ke kalimantan , dan gue baru sadar juga kalo nyokap bener bener wonder woman buat gue ! .. Oke , kita balik ke topik ini lagi , terserah kalian deh yg lagi ngalamin hal kayak gini bakal ngapain , tapi kalo gue sendiri bakal ngedengerin apa kata BONYOK gue .. 

6. Pacaran Beda Spesies 

??? 



Nggak tau deh, ada apa enggak orang semacam ini. -_____-" 


0 komentar: